Skip to content

6 Cara Mengembangkan Channel Youtube Dengan Cepat

channel youtube

Saat ini Youtube merupakan platform nomor 2 yang paling banyak digunakan di dunia. Setiap harinya warga dunia mengonsumsi video yang ada di Youtube. Youtube menyediakan berbagai video yang tidak hanya menghibur tapi juga bermanfaat dan membaginya ke dalam segmen  tertentu agar mudah dicari user dengan kata kunci atau judul tertentu. 

Namun, menjadi terkenal di Youtube saat ini tidaklah mudah, karena dibutuhkan dedikasi, kualitas, isi konten dan lainnya yang bernilai positif pada channel Youtube masing-masing. Anda juga harus memberikan konten yang berguna kepada viewer jika tidak maka video tersebut tidak akan ditonton. Kemudian muncul pertanyaan apakah viewer menonton semuanya sampai habis? Atau hanya sebentar? Atau adakah video lain dengan konten yang mirip namun isinya lebih baik dan menarik? Dan lainnya.

Untungnya, Youtube memberikan cara mudah untuk mengetahui hal ini melalui YouTube analytic.

Tools ini akan memberikan data yang berguna untuk melacak perilaku audiens dengan baik, melihat trend yang ada dan menemukan peluang yang bisa Anda manfaatkan serta membangun hubungan dengan audiens.

Mengapa Perlu Memakai YouTube Analytics Pada Channel YouTube

Tools ini dapat dipakai dan harus dipakai jika Anda ingin memperoleh jawaban dan melihat trend saat ini serta bagaimana efeknya pada channel YouTube yang dimiliki. Anda bisa melihat berbagai data seperti jumlah viewer, subscriber, intensitas viewer dan lainnya. 

Selain itu, tools ini juga mempermudah Anda untuk membuat konten yang disukai penonton, melancarkan strategi marketing dan lainnya. Namun, sebelum sampai kepada hal tersebut, Anda dapat memakai tools ini untuk menjawab 6 pertanyaan yang dapat membangun perkembangan channel YouTube yang dimiliki, yaitu:

Baca Juga  4 Hal yang Harus Diubah Pada Threads Oleh Meta

1. Apakah Anda Mendapatkan Audiens Yang Tepat?

youtube 2449144 1280

Video yang sampai pada audiens yang tepat pastinya memiliki jumlah view yang banyak. Oleh karena itu, Anda harus tahu kepada siapa video ini akan ditonton apakah kepada anak-anak, remaja, orang dewasa, pegawai kantoran dan lain sebagainya.

Untuk mengetahui siapa saja audiens dengan baik, Anda dapat melihat opsi audiens tab. Nanti di dalam opsi tersebut akan muncul siapa saja yang viewer dari video pada akun channel YouTube, seperti: viewer unik, berapa kali video ditonton, berapa kali viewernya aktif di YouTube, usia dan gender viewer dan lokasi audiens berada.

Data-data ini akan membantu dalam membuat video yang berkualitas namun tetap memiliki jumlah viewer yang banyak. Contohnya saja, Anda melihat dari data analytics bahwa viewer utamamu kebanyakan memakai smartphone. Dari hal tersebut Anda bisa mengetahui bahwa cara terbaik adalah membuat video pendek agar viewer dapat menikmati semua video diakun channel YouTube dari hp mereka.

2. Dimana Mereka Memperoleh Video Tersebut?

mobile phone 5431597 1280

Penggunaan tols ini akan membuat Anda mudah melihat berbagai data dan melihat perkembangan channel YouTube. Hal ini akan sangat bermanfaat jika Anda memiliki beberapa channel dan ingin melihat channel mana yang perlu difokuskan dan mana yang harus ditinggalkan.

Viewer dapat diperoleh dari berbagai sumber termasuk website lainya. Anda juga dapat melihat data beserta sumber websitenya. Jadi, setelah Anda tahu website apa saja yang mendatangkan trafik terbanyak ke channel YouTube maka Anda dapat bertindak seperti melakukan kerjasama dengan pemiliki situs tersebut agar trafik situs serta channel YouTube terus bertambah.

3. Apakah Orang-orang Menonton Video Anda?

youtube 6513651 1280

Jumlah viewer pada video yang Anda upload sebenarnya tidak mencerminkan jumlah view yang Anda butuhkan. Karena, saat penonton membuka salah satu video maka YouTube akan menghitungnya sebanyak 1 view. Walaupun, tidak ada jaminan jika mereka menontonnya sampai habis. 

Baca Juga  2 Cara Mematikan Autoplay Video di Instagram Tanpa Ribet

Disinilah analytic YouTube berguna, diaman Anda bisa melihat watch time dimana akan ditampilkan data total waktu yang dihabiskan user untuk menonton video yang ada. Hal ini akan membantu Anda dalam melihat dan mengetahui bagaimana sebenarnya tanggapan viewer terhadap video yang Anda upload.

4. Apakah Viewer Menyukai Video Anda?

youtube 4341284 1280

Membuat penonton menyukai video Anda tidaklah mudah. Anda bisa memiliki banyak ide dan pendapat jika sebuah video menarik atau tidak. Namun, dengan bantuan analytical (Audience Retention) Anda bisa melihat di waktu ke berapa mereka berhenti menonton video tersebut dan Anda bisa diagnosis dimana masalahnya.

Karena tujuan Anda dalam upload video haruslah ditonton dari awal sampai akhir. Jika retentionnya tinggi berarti video tersebut bagus secara menyeluruh, namun jika berhenti pada waktu-waktu tertentu maka Anda bisa menjadikan itu sebagai patokan dan melihat segmen mana yang disukai dan tidak disukai viewer.

5. Apakah Jumlah Subscriber Bertambah Seiring Berjalannya Waktu?

tablet 7025897 1280

Subscriber adalah hal terpenting bagi setiap akun channel YouTube karena mereka akan menonton videomu lebih banyak dari pada non-subscriber. Selain itu, subs akan memperoleh berita setiap update yang Anda lakukan sehingga mereka dapat langsung menonton video yang ada sehingga cepat meningkatkan jumlah viewer.

Tools ini juga memberikan laporan perkembangan subscriber yang ditampilkan dalam grafik agar Anda mudah memahami perkembangannya.

Dari hal ini Anda akan tahu jika subs yang ada meningkat berarti videomu memang bernilai bagi mereka. Jika tidak, berarti video yang Anda tampilkan mengalami penuruan kualitas.

6. Bagaimana Cara Menambah Penonton di Video Anda?

youtube 1719926 1280

Tools ini akan memberikan data yang lengkap seperti impresi dari penonton serta berapa banyak mereka menghabiskan waktu menonton videomu. Hal ini sangat penting karena Anda bisa melihat berapa banyak orang suka menonton video yang ada. Karena tidak semua video akan ditonton walaupun kualitasnya sangatlah tinggi.

Anda bisa melihat dan membandingkan jumlah viewer dengan jumlah waktu yang mereka habiskan. Memilih jumlah view memang penting, namun berapa banyak waktu yang mereka habiskan lebih penting karena menunjukkan jika penonton suka videomu. Dari data tersebut Anda bisa membuat video yang lebih baik dengan sasaran penonton yang lebih jelas. Kemudian disebarkan ke berbagai platform lain agar peluang untuk ditontonnya semakin besar.

Komentar